Sabtu, 07 April 2018

Destinasi Wisata Magelang Bisa Buktikan Jomblo Punya Kenangan Cinta

Magelang, sebuah Kabupaten yang akrab disebut dengan sebutan “Magelang Gemilang” Gemilang merupakan satu kata singkatan dari “Gemah Ripah Iman Cemerlang” Kabupaten yang asri terletak diantara Kabupaten Temanggung di sebalah barat, Kabupaten Semarang di sebelah utara, Kabupaten Purworejo sebelah selatan dan Kabupaten Boyolali di sebalah timur memiliki banyak wisata alam dan buatan.
Borobudur merupakan salah satu ikon Kabupaten Magelang yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia membuat semakin terkenal akan hebat dan asrinya magelang. Ketep Pass salah satu wisata alam yang sangat asri dan sudah mendunia dalam kalangan remaja khususnya karena tempatnya yang penuh dengan suasana romanse menjadikan tenarnya daerah di Magelang dari kota sampai dengan plosoknya magelang.
Dua puluh satu Kecamatan terdaftar di Kabupaten Magelang dengan memiliki kekhasan dan keunikan masing-masing. Magelang pernah menjadi tempat mengenang dan menyenangkan selama kurang lebih enam bulan. Dari saya Praktik Pengalaman Lapangan yang kata anak kampus UNNES disebut PPL dan kebetulan KKN saya juga ditempatkan di salah satu Desa di Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang.
Enam bulan adalah waktu yang sangat bijak selama saya berada disana, yang bisa membuat saya jatuh cinta pada Magelang dan seisinya. Bahkan Magelang sampai saat ini bagi saya menjadi tempat yang harus saya kunjungi dan menjadi tempat yang selalu saya rindukan setelah rumah pertama dengan keluarga saya. Kalau kata semboyan kota Magelang adalah kota “sejuta bunga” bagi saya Magelang adalah “Kota Sejuta Kenangan”. Karena cita, asa, dan bahkan cinta saya temukan di Magelang. Cita akan pengalaman instansi edukasi, asa akan pengalaman saya dalam instansi goverment dan cinta akan kenangan saya di tempat indahnya Magelang. My adventure in Magelang in Magelang is amazing experience with beautifull place and view.
Banyak sekali wisata yang ada di Kabupaten Magelang, diantaranya yang sudah pernah saya kunjungi adalah candi Borobudur, Rumah Kamera atau “camera house selfie”, Taman Kyai Langgeng. Bukan hanya wisata buatan modern yang saya kunjungi, wisata alam kekinian di Kabupaten Magelang yang sangat memukai seperti, Gunung Payung, Puntuk Mangir di Desa Bawang Kecamatan Tempuran, Puncak Setuko di Desa Kemutuk Kecamatan Tempuran, Bukit Asri Kerojoyo di Desa Pringombo Kecamatan Tempuran, memberikan pemandangan alam hijaunya negeri di atas awan karena saking seringnya berkabut. Wisata Gardu Pandang Mangli di Kecamatan Kaliangkrik dan Curug Delimas di Desa Girimulyo Kecamatan Windusari memanjakan mata kita melihat indanya Magelang dari ketinggian. Gunung dan hamparan sawah dan pemukiman tergambar nyata oleh mata.
Borobudur adalah salah satu tempat wisata sejarah di Kabupaten Magelang dengan tatanan batu yang sangat banyak sekali dan menjadi wisata yang sudah sangat banyak mendatangkan wisatawan asing dari berbagai negara seperti, Belanda, malaysia, dan banyak lainnya. Sejarah dari candi Borobudur menjadikan tempat tersebut dijadikan salah satu wisata edukasi bagi para pelajar SD SMP dan SMA untuk belajar mengenal sejarah secara nyata melihat wujudnya.
Rumah kamera atau “camera house selfie” yang terletak di Kecamatan Borobudur menyuguhkan lukisan bergambar di lantai satu rumah kamera. Diberi nama rumah kamera memang design rumah yang dibuat sama persis dengan bentuk kamera-kamera pada umunya, namun bukan kamera pada Hp, melainkan bentuk kamera DSLR pada zamannya. Menuju lokasi rumah kamera hanya membutuhkan waktu sekitar 30-35 menit dari pusat kota magelang.
Bahkan biaya yang sangat murah masuk ke dalam rumah kamera yang diganti dengan suguhan menarik di rumah kamera. Kita bisa membawa buah tangan foto tiga dimensi di lantai dua dan lantai tiga, yang mana fotonya sangat unik-unik. Dan yang gak kalah bagusnya kita dapat menimati indahnya pemandangan magelang dari atas rumah kamera. Apa yang bisa kita saksikan? Kita bisa melihat candi Borobudur dari ketinggian paling atas rumah kamera.
Wisata alam kekinian yang lain yang ada di Kabupaten magelang masih banyak lainnya yang menawarkan berbagai keindahan dan kekhasannya masing-masing wisata. Dengan kemajuan teknologi dan sumber daya manusia di masing-masing Desa menjadikan berbagai tempat bisa disulap menjadi wisata yang harus kamu kunjungi karena keindahan yang diberikannya.
Puntuk Mangir Gunung Payung merupakan wisata alam di Desa Bawang Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Yang aslinya hanya hutan pinus yang hijau lekat bisa kita nimati dengan warna-warninya pelangi di tempat tersebut. Apa sih yang bisa dilihat disana? Keromantisan? Iya. Kesegaran udara? Pasti itu, karena berada di gunung tinggi. Keindahan? Hmm itu yang utama. Hutan pinus yang dijadikan wisata dengan diberikan warna-warni cat pada setiap jalan yang disusuri memberikan kebahagiaan rohani bagi pengunjung.
Ditambah dengan berbagai spot foto menarik seperti, miniatur pesawat terbang, miniatur kamar pengantin, miniatur wartel, miniatur rumah di atas pohon dan masih banyak lainnya dimana semua itu disajikan sepanjang jalan yang bisa kita lalui dengan jalan kaki dan juga bisa menaiki kendaraan. Semua itu dibuat atas kerjasama warga dan karang taruna di Desa Bawang.
Bukit asri kertojoyo di Desa Pringombo juga sama dengan Gunung Payung yang ada di Desa Bawang, namun bedanya hanya letak Desanya lebih tinggi dan lebih asri juga lebih lebat hutannya. Di bukit asri kertojoyo pringombo juga masih banyak terdapat kera sebagai hewan yang bisa kita lihat saat berwisata disana.
Puncak Setuko yang berada di Desa kemutuk Kecamatan Tempuran merupakan satu-satunya wisata tertinggi di Kecamatan Tempuran. Desa kemutuk yang hanya ada satu dusun memiliki mutiara dibalik hutan yakni pemandangan alamnya dan sejuknya hijau hutan pinus yang sangat dingin menjadi sasaran wisatawan mengunjunginya. Tak kalah menarik dari gunung payung dan bukit asri kertojoyo, puncak setuko juga memiliki banyak tempat yang bisa dijadikan objek foto pengunjung. Diantaranya, ayunan, miniatur kapal, dan juga ada gardu pandang diatas pohon, dan yang khasnya di puncak setuko adalah terdapat taman batu di atas gunung. Di taman batu kita bisa melihat indahnya pemukiman Kecamatan Tempuran dari bawah ke atas.
Di lain Kecamatan yaitu Kecamatan Kaliangkrik ada Desa wisata yang dinamakan Mangli berada di Desa Mangli Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten magelang. Mangli merupakah salah satu Desa yang berada di lereng gunung sumbing, dan menjadi salah satu jalur pendakian gunung sumbing. Jika kalian mau ke gunung sumbing nantinya akan banyak sekali jalur yang bisa kalian tempuh di beberapa Desa di Kecamatan Kaliangkrik. Bahkan tidak hanya satu dua Desa yang menjadi posko penjualan tiket pendakian gunung sumbing.
Mangli suguhkan beberapa gardu pandang untuk menikmati indahnya hamparan yang sangat luas yang bisa dilihat. Wisata mangli berada ditengah perkebunan warga, namun berada di ketinggian yang sangat dingin dan sejuk sehingga suhu di pagi siang dan sore hari selalu sejuk. Rasanya ingin sekali hidup di mangli karena kesejukannya yang bakal membuat betah di rumah dan juga bisa bercocok tanam tanaman apapun dan sayuran apapun yang hijau dan segar sekali.
Berpindah ke Kecamatan yang lain, ada wisata curug delimas di Desa Girimulyo Kecamatan Windusari. Desa ini merupakan Desa yang paling pojok di Kecamatan Windusari dan paling atas. Hamparan luas yang hijau dan deretnya rumah warga bisa kita lihat dan saksikan kokoh dan kuatnya gunung sumbing berdiri tegap nan gagahnya. Sedikit berbeda dengan wisata yang alam yang lain, kalau di wisata curug delimas ada air terjunnya sedangkan yang lain tidak.
Wisata curug delimas terdapat banyak sekali gardu pandang yang bisa dijadikan tempat foto wisatawan. Tidak hanya bentuk gardu pandang yang bermacam-macam namun tempat gardu pandangnya pun berbeda-beda ada yang di atas, ada lagi yang di bawahnya dan banyak lainnya. Jarak antar spot gardu pandang tidak terlalu jauh namun jika kita lalui dengan jalan kaki membuat kita capek. Namun semua lelah itu terbayarkan dengan indahnya pemandangan alam dan juga perkebunan.
Uniknya di Desa wisata curug delimas, bukan hutan pinus yang menjadi objek utama wisatawan namun perkebunan cabe yang menjadi tempat utama di wisata tersebut. Terbayang kan gimana indahnya hamparan luas yang berisi cabe dan juga sayuran yang lain? Tidak hanya hijau yang bisa kita saksikan namun merah kuningnya cabe dan bunga matahari bisa kita lihat disana.
Wisata alam magelang tidak hanya satu kali saya kunjungi, pasti saya selalu mengunjungi dua kali setiap wisata alam nya karena memang saya jatuh cinta dengan wisatanya dan dengan alamnya juga mungkin masyarakatnya... aduuhhh... amiin deh
Selain alamnya yang memanjakan mata kita dan menjadikan setiap dari kita bertanya dan selalu penasaran dengan keindahan alamnya, masayarakat magelang juga tidak kalah hebatnya dengan masyarakat yang lain. Mulai dari buruh pabrik sampai dengan pegawai negeri ada di Kabupaten magelang. Karena memang Kabupaten magelang merupakan salah satu Kabupaten yang terdapat banyak pabrik kayu dan tekstilnya.
Selain itu, masyarakat yang masih sangat memegang erat adat jawanya, hampir setiap Desa memiliki khasnya masing-masing dalam memperingati suatu hal apapun. Misalnya saya pernah mengunjungi acara saparan di Desa pringombo yang mana acara tersebut untuk memperingati bulan safar dan mengharap berkah dari tuhannya. Acaranya biasanya dengan menampilkan berbagai tarian adat dan menyajikan berbagai makanan khas Desa tersebut.
Adanya juga di Desa Sumberarum yang diberi nama acara gunungan, untuk memperingati bulan maulud yang disebut juga acara grebek maulud yang diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Sumberarum di dalam masjid. Gunungan yang dibuat itu disusun dari berbagai macam sayuran, buah-buahan dan makanan yang lainnya. Gunungan merupakan acara rutinan yang dilaksanakan di Desa Sumberarum Kecamatan Tempuran Kabupaten magelang.
Kesenian brondut juga menjadi salah satu kesenian adat di Kecamatan Tempuran Kabupaten magelang. Di Desa prajeksari tarian brondut selalu ditampilkan ketika ada acara pernikahan di salah satu rumah warga di Desanya. Kesenian tarian brondut selalu ditampilkan malam hari. Dan dalam melestarikannya masyarakat Desa prajeksari mengadakan latihan rutin di setiap malam minggu.
Wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, wisata hiburan dan kesenian khas di Kabupaten magelang menjanjikan ketagihan pada setiap manusia. bahkan saya merasa bahwa magelang telah membuat para jomblo memiliki kenangan cinta disana.
Gunung sumbing dan merapipun bisa dilihat dari berbagai sudut diberbagai tempat di Magelang. Bila diingatkan dengan magelang selalu berharap bisa menjadi bagian dari magelang dan tertinggal di magelang bersama masa depan.
Aku Cinta Magelang Gemilang
Aku Rindu Magelang dengan sejuta kenangan
Aku berharap temu masa depan, cita, dan cinta di Magelang
Magelang telah membuatku banyak kisah cerita senang dan mengenang.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda