Selasa, 10 April 2018

Konsumen Cerdas di Era Digital

http://harkonas.id/koncer.php
http://harkonas.id.koncer.php
 
T
eknologi, bukan suatu kosa kata yang asing lagi di kalangan masayarakat kita, Indonesia. Dizaman dan era globalisasi saat ini teknologi sangat berkembang pesat sekali terutama dalam teknologi yang menunjamg social media. Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa yang berkaitan dengan teknologi adalah alat social media seperti halnya Hand Phone, gawai, laptop, dan alat penunjang social media lainnya. Padahal kata teknologi memiliki makna yang tidak sesempit yang kita pikirkan.
            Teknologi adalah sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Maka, makna kata teknologi sangatlah lebih luas dari anggapan kita dan masyarakat Indonesia. Saat ini, semua dapat dengan mudahnya mendapatkan sesuatu hal yang diinginkan melalui teknologi modern yang sering kita namakan smartphone.
            Android menjadi salah satu alat komunikasi dari teknologi modern yang bisa digunakan untuk hal apapun istilahnya. Karena ketika kita menginginkian hal instan sampai dengan berproses bisa kita dapatkan dengan smartphone. Misalnya saja, ketika kita lapar dan ingin membeli makan tanpa harus keluar rumah kita bisa menggunakan smartphone dengan aplikasi tertentu. Atau misalnya kita menginginkan meiliki sesuatu alat atau pakaian kita bisa gunakan smartphone untuk mendapatkannya.
            Di tahun 2018 ini bisa dikatakan sebagai “Era Digital”. Mengapa bisa begitu? Bagaimana tidak jika semua yang berkaitan dengan manusia bisa kita dapatkan melalui genggaman smartphone ditangan. Digital adalah semua yang serba canggih, sesuai dengan arti kata digital adalah yakni peralatan yang canggih.
            Semua bisa kita cari menggunakan peralatan yang canggih saat ini. Dengan menggunakan alat teknologi berbasis internet kita bisa menentukan suatu barang atau jasa itu baik atau tidak, berkualitas atau tidak, asli atau tiruan dan sebagainya. Semua bisa kita dapatkan informasi hanya dengan bekal menggunakan alat digital. Bahkan bisa kita genggam dan bawa kemanapun kita suka.   Dampak baik dengan berkembangnya teknologi canggih yang ada saat ini.
            Harapannya, dengan adanya teknologi yang bisa kita gunakan untuk mencari segala hal, kita sebagai konsumen apapun harus bisa menjadi konsumen yang cerdas akan segala hal yang akan diinginkan. Carilah kualitas terbaik untuk mendapatkan hal yang terbaik. Bukan mencari harga yang terbaik untuk kebutuhan yang terpenuhi.
            Mengapa demikian? Karena Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak sekali konsumen dibandingkan dengan produsen, banyak yang mencari kerja dibandingkan yang membuka lapangan kerja, banyak yang menjadi pengangguran dari pada yang menjadi pegawai tetap.
            Walaupun demikian dengan adanya teknologi canggih manfaatkan alat dengan sebaik mungkin, jangan mudah tertipu dengan kata persuasive iklan yang ditayangkan. Jangan mudah tergiur dengan tawaran yang diberikan. Jadilah konsumen yang teliti ketika akan menginginkan suatu yang akan didapatkan.
            Gunakan, manfaatkan teknologi digital sebagai alat yang bisa digunakan untuk mencari informasi sebanyak mungkin, sedetail mungkin, sejelas mungkin.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda